Sunday, May 19, 2013

Cara Membersihkan Gitar Dengan Baik

Gitar adalah instrumen sensitif yang perlu dibersihkan secara teratur. Akumulasi kotoran dan debu tidak hanya merusak penampilan tetapi juga mempengaruhi suara dan pemutaran. Sebuah gitar terawat tidak hanya berlangsung lama, tetapi lebih dimainkan dan terdengar indah juga. Kebanyakan orang berpikir bahwa membersihkan gitar adalah pekerjaan rumit dan harus diserahkan kepada ahli saja, namun dalam prakteknya membersihkan gitar sangat mudah dan siapa saja yang memiliki dan memainkan instrumen harus tahu bagaimana untuk membersihkan gitar.


Membersihkan gitar sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Anda tidak perlu membeli kit mahal untuk menjaga gitar Anda bagus dan mengkilap. Banyak barang rumah tangga misalnya minyak zaitun, minyak lemon dan pembersih kaca melayani tujuan yang sama dan dengan efisiensi yang sama seperti gitar hal pembersihan mahal Anda dapat membeli dari toko atau online. Jika Anda menggunakan gitar polish pastikan bahwa Anda tidak menggunakan salah satu yang mengandung silikon karena dapat merusak tubuh. Kebanyakan luthiers menunjukkan bahwa gitar harus dibersihkan dengan kain flanel lembut setiap kali dimainkan. Selain flanel kain katun lembut tua juga dapat digunakan untuk menghapus permukaan gitar. Bahan-bahan ini membawa kembali bersinar tanpa menempatkan setiap goresan di permukaan. Buffing menghilangkan noda atau noda di permukaan sehingga halus dan mengkilap. Para cervices kecil dapat dicapai dengan sikat gigi lembut, hanya ingat untuk menggunakan beberapa tetes pembersih kaca untuk menyingkirkan kotoran dan debu terperangkap di dalamnya. Setiap barang yang digunakan untuk membersihkan tidak harus diterapkan secara langsung ke permukaan gitar melainkan harus ditempatkan pada selembar kain dan kemudian diterapkan ke permukaan.

Membersihkan Strings

Cara terbaik adalah dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bermain gitar terutama jika Anda makan sesuatu yang berminyak. Senar gitar sangat sensitif, sering sekresi dari jari (keringat, minyak tubuh) bisa ditransfer pada string saat bermain. Bahkan kulit kering bisa disimpan pada string, untuk menghilangkan residu ini, senar harus dibersihkan juga. Dengan sepotong kain lembut, mulai membersihkan string dari jembatan dan pergi perlahan turun ke mur. Anda juga harus memperhatikan beberapa jembatan dan mur saat membersihkan senar.

Membersihkan Fret Dewan

Waktu terbaik untuk membersihkan papan fret adalah ketika senar digantikan. Sebelum memasang string, Anda menghapus papan fret dengan sepotong kain kering. Dibutuhkan mengurus sebagian besar kotoran sementara deposito kotoran membandel bisa dihilangkan dengan sangat halus kelas wol baja. Sekali lagi Anda harus sangat berhati-hati ketika menggunakan wol baja sebagai menggosok keras dapat merusak papan fret. Seringkali luthiers menunjukkan lapisan minyak lemon sebagai lapisan pelindung terutama jika papan fret dibuat rosewood atau eboni. Produk yang mengandung silikon dan lilin tidak harus diterapkan pada fret papan.

Kesimpulan

Gitar adalah instrumen mahal dan perlu diperhatikan dari waktu ke waktu. Seringkali waktu terbaik untuk membersihkan gitar dikatakan ketika string sedang berubah karena memberikan akses mudah ke papan fret. Dalam rangka untuk menjaga gitar bersih, biasa menghapus turun dengan sepotong kain lembut dianjurkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas tentang cara membersihkan gitar orang dapat dengan mudah mengurus gitar mereka dengan biaya minimal.

2 comments: